Kamis, 27 November 2008

Otto Malik: Tulisan Weiner Fitnah

http://www.sinarharapan.co.id/berita/0811/27/pol03.html


Otto Malik: Tulisan Weiner Fitnah



Jakarta-Putra tertua Adam Malik, Otto Malik, mengatakan tulisan dalam buku Membongkar Kegagalan CIA karya Tim Weiner yang menyatakan Adam Malik sebagai agen CIA merupakan fitnah dan sangat merendahkan martabat.
“Beliau adalah orang yang memikirkan rakyatnya. Ini sangat merendahkan,” ujar Otto Malik dalam diskusi di Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Rabu (26/11).
Menurutnya, tidak mungkin melarang perdaran buku itu. Namun, dengan penghitaman bagian tulisan tentang Adam Malik dipandang sebagai satu cara yang baik. Dia menambahkan, pihak keluarga sampai saat ini belum memutuskan langkah yang akan dilanjutkan untuk menanggapi tulisan di buku tersebut. “Kami masih merundingkannya,” ujarnya.
Sementara itu, Sejarahwan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Asvi Warman Adam mengatakan, tuduhan terhadap Adam Malik merupakan pembunuhan karakter terhadap pahlawan bangsa. Oleh karena itu, pemerintah harus segera melakukan penolakan dengan tegas.
Dia menyarankan agar tulisan mengenai Adam Malik dihitamkan saja sehingga tidak terlihat karena fakta itu sama sekali tidak benar dan merupakan pembunuhan karakter.
Kelemahan paling utama buku ini, katanya, tulisan soal Adam Malik sebab tulisan itu hanya berasal dari satu narasumber. “Tidak ada data pendukung lain selain kesaksian Mc Avoy atas peristiwa yang telah berlangsung 41 tahun,” ujarnya.
(vidi vici)

Tidak ada komentar: